Kamis, 28 Juli 2011

PENGANTAR E-COMMERCE

PENGANTAR E-COMMERCE

Definisi E-Commerce
Seperti telah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat internet diantaranya sebagai sarana bisnis dan promosi. Berbisnis atau melakukan perdagangan baik dalam bentuk barang maupun jasa berbasis teknologi internet sering disebut eCommerce (electronic-commerce). Karakteristik eCommerce adalah bahwa penjual dan pembeli dipertemukan melalui situs internet. Situs internet sebagai pengganti dari toko ataupun kantor yang kita kenal secara konvensional. Situs tersebut dapat dimiliki atau dikelola oleh penjual itu sendiri, pembeli ataupun pihak ketiga. Situs tersebut adalah sarana interaksi antara pihak – pihak yang terlibat dalam transaksi jual beli tersebut, dimana interaksi tersebut dapat dituntaskan melalui situs tersebut ataupun melaui interaksi lainnya secara konvensional.
E-Commerce atau Electronic Commerce (E.C) merupakan konsep baru yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada World Wide Web internet (Shim, Qureshi, Siegel, 2000) atau Proses jual beli atau pertukaran produk, jasa, dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet (Turban, Lee, King, Chung, 2000). Kala kota dan Whinston mendefinisikan EC dari beberapa persepektif sebagai berikut :
§         Komunikasi : EC merupakan pengiriman informasi produk atau layanan atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan computer atau sarana electronic lainnya.
§         Proses Bisnis : EC merupakan aplikasi teknologi otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.
§         Layanan : EC merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
§         Online : EC berkaitan dengan kapasitas jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya.

Kegiatan Yang Berhubungan Dengan eCommerce

Banyak sekali yang bisa dilakukan melalui eCommerce, diantaranya:
·         Perdagangan online melalui world wide web.
·         Internet banking.
·         TV interaktif.
·         WAP (Wireless Application Protocol).
·         Dll

 

 

Keunggulan eCommerce

·         Efisiensi, meliputi :
ü       Menurunkan biaya operasional (operating cost).
ü       Memperpendek waktu produksi.
ü       Bagi yang senang berbelanja, belanja lewat internet memberikan efisiensi waktu karena anda tidak perlu membuang waktu pergi ke supermarket, mengeluarkan biaya parkir mobil, biaya bensin serta dapat menghemat waktu yang terbuang hanya untuk menjangkau lokasi mal dan mencari parkir yang terkadang sangat sulit.
ü       Dengan berbelanja di internet maka pelanggan dapat dengan cepat dan mudah membandingkan harga barang antara “toko” satu dengan lainnya. Bila berbelanja di mal, pengunjung harus berjalan memasuki toko-toko satu per satu. Di internet pengunjung cukup mengklik mouse-nya dan harga antara satu produk di situs yang satu dengan situs lainnya dapat segera dibandingkan. Sehingga peluang konsumen mendapatkan barang terbaikpun semakin besar.
·         Fleksibilitas
·         Melebarkan jangkauan (global reach).

Efisiensi dan Fleksibilitas merupakan dua hal yang dapat menciptakan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Dalam eCommerce, kepuasan pelanggan mancakup dua sisi, yakni kepuasan dalam aspek online dan aspek offline.

 

Keterbatasan eCommerce

·         Ada kekurangan system keamanan, kehandalan, standar, dan beberapa protocol komunikasi.
·         Adanya bandwidth telekomunikasi yang tidak mencukupi.
·         Alat perkembangan perangkat lunak masih dalam tahap perkembangan dan sedang berunah dengan cepat.
·         Sulit menyatukan perangkat lunak Internet dan EC dengan aplikasi dan database yang ada sekarang ini.
·         Vendor-vendor kemungkinan perlu server web yang khusus serta infrastruktur lainnya, selain server jaringan.
·         Biaya dan Justifikasi.
·         Sekuritas dan Privasi
·         Sedikit kepercayaan dan resistensi pemakai
·         Faktor-faktor keterbatasan lainnya.

Klasifikasi eCommerce
1.       Business to Business (B2B).
B2B merupakan sistem komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis/organisasi yang dilakukan di electronic market. Contoh : Wal-Mart dengan Warner-Lamber
2.       Business to Consumer (B2C).
Merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan, pembeli khas di Amazon.com adalah seorang konsumen atau seorang pelanggan. Contoh lain misalnya Barnes & Nobles, Cisco, Dell, Compaq dsb.
3.       Consumer to Consumer (C2C)
Dalam kategori ini seorang konsumen menjual secara langsung ke konsumen lainnya, contoh : classified ads (www.classified2000.com) yang mengiklankan property rumah hunian, mobil, dan sebagainya. Mengiklankan jasa pribadi di internet serta menjual pengetahuan dan keahlian merupakan contoh lain C2C. contoh lain adalah eBay.com yaitu perusahaan lelang.
4.       Consumer to Business (C2B)
Termasuk dalam kategori ini adalah perseorangan yang menjual produk atau layanan ke organisasi, dan perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dengan mereka, dan menyepakati suatu transaksi.
5.       Nonbusiness e-Commerce
Digunakan oleh banyak lembaga non bisnis seperti lembaga akademis, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi social, dan lembaga-lemaga pemerintahan yang mennggunakan berbagai tipe e-Commerce untuk mengurangi biaya (misalnya memperbaiki purching).
6.       Intrabusiness (Organizational) e-Commerce
Adalah semua aktivitas intern organisasi biasanya dijalankan di internet, yangmelibatkan pertukaran barang, jasa atau informasi, aktivitas yang tercakup dapat beragam tingkatannya, mulai penjualan produk perusahaan ke pekerja hingga pelatihan secara online dan pemangkasan biaya.

Contoh Konsep Berbelanja Online di amazon.com
Flowchart: Alternate Process: 1. Find itFlowchart: Alternate Process: 5. ShipitFlowchart: Alternate Process: 4. Buy itFlowchart: Alternate Process: 3. Select itFlowchart: Alternate Process: 2. Explore it

 

1.       Find it.

Website berbelanja online yang baik adalah website yang mampu memberikan kemudahan dalam berbelanja. Pengunjung bisa mengetahui dengan pasti dan mudah mengenai produk yang diinginkan. Ada dua metode yang dapat dilakukan, yaitu metode search dan browse.
2.       Explore it.
Setelah pengunjung memilih jenis barang tertentu yang diinginkan, maka dia akan menjumpai keterangan lebih jelas mengenai barang yang dipilih (spesifikasi).
3.       Select it.
Seperti layaknya toko yang sebenarnya, kereta dorong (di eCommerce disebut shopping cart) akan menyimpan terlebih dahulu barang yang diinginkan pembeli sampai si pembeli siap checkout.
4.       Buy it.
Kini tiba saatnya memproses transaksi pembayaran. Amazon tidak akan menarik pembayaran pada credit card kita sampai kita telah menyelesaikan semua proses perintah untuk mengirim.
5.       Ship it.
Dan akhirnya, setelah proses transaksi selesai, mereka akan mengirim e-mail mengenai konfirmasi pembelian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar